100 views

Warta Banser

“PASUKAN GUS DUR” JAGA ASRAMA MAHASISWA PAPUA DI SURABAYA

Saat banyak pihak yang kesulitan berkomunikasi dengan mahasiswa Papua penghuni Asrama Mahasiswa Papua di Jl. Kalasan Surabaya pasca-bentrok terkait insiden patahnya tiang bendera, pihak Banser Surabaya berhasil berkomunikasi dengan penghuni asrama. Bahkan, saat ini, pihak Banser menjaga asrama tersebut. Berdasarkan pengakuan Ketua Ansor Cabang Surabaya, Gus Faridz Afif, Banser dianggap oleh penghuni asrama Kalasan sebagai pasukan Gus Dur.

Gus Afif menyatakan, “Bagi kami mahasiswa dan warga Papua adalah saudara se bangsa dan se tanah air. Siapapun yang menganggu mereka, berarti mengganggu kita. Siapapun yang menyakiti mereka, berarti menyakit kita.”

Lebih lanjut Gus Afif menyatakan bahwa Ansor Banser Surabaya tidak terlibat pada aksi saat di asrama Mahasiswa. “Itu bertentangan dengan prinsip dan ajaran kami sebagai santrinya Gus Dur. Beliau mengajarkan kepada kami semua untuk selalu melakukan pendekatan kemanusiaan dalam menyelesaikan konflik apapapun.”

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Yaqut Cholil Qoumas mengaku telah menginstruksikan seluruh kader Barisan Serbaguna (Banser) untuk mengamankan dan menjaga asrama mahasiswa Papuadi seluruh Indonesia.

Hal itu menyusul adanya insiden pengepungan yang dilakukan pihak tertentu di asrama mahasiswa Papua di Surabaya beberapa waktu lalu sehingga bedampak pada kerusuhan yang meluas di Papua.(AZH)

Avatar

admin

Pengelola Website Nyabtu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: