282 views

Sedaring Tentang Menulis

Kelas Menulis Online: Rekomendasi Sedaring PC ISNU Ponorogo

Pandemi covid-19 yang belum berakhir menuntut penjarakan fisik (physical distancing). Penggunaan media baru untuk melakukan komunikasi dan interaksi yang bersifat edukatif menjadi tuntutan budaya kontemporer. Salah satunya adalah seminar dalam jaringan (sedaring) atau disebut juga dengan web seminar (webinar) dan juga video conference (vicon). Kegiatan inilah yang dilakukan oleh PC ISNU Ponorogo pada masa wabah ini.

Sedaring ISNU Ponorogo dilakukan secara series dengan menngunakan platform Zoom Cloud Meeting dengan live streaming di Channel Youtube ISNU Ponorogo. Seri I adalah Seminar Daring dan Bedah Buku “Aswaja NU dan Etika Berpolitik” karya Dr. Mahrus El Mawa (10/07/2020) dan seri II Sedaring mengangkat topik “Menulis Artikel Populer Media Cetak dan Online” (16/07/2020). Sedaring tentang menulis ini diback up oleh media online ISNU Ponorogo, nyabtu.com.

Hadir secara virtual pada acara seminar tentang menulis dua narasumber literasi: Dr. H. Sutejo, M.Hum (Penggiat literasi asal Ponorogo) dan Dr. Ngainun Naim (Penggiat literasi dari IAIN Tulungagung). Hadir pula beberapa jajaran Dewan Ahli PC ISNU Ponorogo, yakni Dr. Aksin Wijaya dan Dr. KH. Luthfi Hadi Aminuddin. Keduanya ikut memberikan motivasi terhadap penguatan tradisi menulis di lingkungan NU Ponorogo. Acara ini digawangi oleh Sofwan Hadi, M.Si. selaku host sedaring dan Wahid Haryanto, M.Pd.I sebagai co-host.

Literasi adalah konsen PC ISNU Ponorogo. PC ISNU Ponorogo memfasilitasi aktualisasi menulis ini lewat penerbitan buku dan inisiasi media digital-online. Untuk yang terakhir ini, ISNU Ponorogo mengelola media online nyabtu.com. Sayangnya, apresiasi dan keterlibatan berbagai pihak masih terasa rendah. Barang kali ini sebandingg dengan masih rendahnya tingkat literasi nasional. Berangkat dari keperihatinan inilah, ISNU Ponorogo menyelenggarakan sedaring tentang menulis. Ini sebagaimana dinyatakan oleh Dr. Abid Rohmanu (moderator sekaligus pengelola nyabtu.com) bahwa sedaring diharapkan bisa melakukan recharging motivasi menulis sekaligus mendapatkan metode praktis bagaimana memulai menulis.

Metode praktis menulis disampaikan oleh Sutejo, narsum sedaring. Sutejo menjelaskan struktur artikel populer yang terdiri dari tiga bagian: intro/lead/pembuka, batang tubuh/isi, dan ending/penutup/kesimpulan. Unsur ini diulas secara singkat oleh Sutejo. Inti menulis menurut Sutejo adalah argumentasi. Artinya menulis adalah menyampaikan gagasan/tesis. Berikutnya adalah bagaimana penulis menguatkan gagasannya dengan beragam argumentasi. Kekuatan argumentasi menjadi kata kunci menulis artikel populer.

Ngainun Naim pada sisi yang lain lebih menekankan pada aspek penguatan motivasi menulis. Menulis bukan lah bakat, tegasnya. Menulis adalah keterampilan/skill yang bisa dilatih. Ibaratkan pilot, skill menulis digantungkan pada jam terbang masing-masing. Maka, tegas Naim, tidak ada kata lain selain “mulailah menulis” tanpa dibebani dengan teori menulis. “Teruslah menulis untuk mendapatkan jam terbang yang tinggi karena ini akan pararel dengan skill anda”. Learning by doing adalah strategi jitu dalam menulis. Selanjutnya, bergabung dengan komunitas menulis adalah hal penting yang harus dilakukan.

Acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut mendapatan apresiasi dari para peserta sedaring. Beberapa pertanyaan kritis muncul baik lewat chat maupun raise hand. Di antaranya adalah respon positif dari Kyai Luthfi Hadi Aminuddin. Beliau berharap bagaimana motivasi dan skill menulis bisa ditularkan kepada masyarakat NU, khususnya anak-anak muda NU. Masyarakat pembelajar meniscayakan pembudayaan literasi (budaya membaca dan menulis). Respon ini ditanggapi secara positif oleh Sutejo yang sekaligus Dewan Ahli PC ISNU Ponorogo dalam bentuk tawaran kelas menulis online. Kelas menulis online menjadi pilihan tepat dalam konteks kemajuan teknologi informasi  dan pandemi covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir. (AR)

Avatar

admin

Pengelola Website Nyabtu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: