60 views

Nyabtu, Diskusi Literasi ISNU Litbang-NU Ponorogo

Ponorogo- Diskusi Nyabtu ISNU Litbang-Nu malam itu berjalan mengasyikkan (Jumat, 23 Agustus 2019). Pasalnya gagasan tentang Nyabtu (diskusi malam sabtu) untuk menumbuhkan-kembangkan literasi berjalan sesuai rencana. Puluhan pengurus dan mahasiswa dari perguruan tinggi di Ponorogo terlibat dalam diskusi malam itu.

Menulis opini dan warta (berita) menjadi topik utama dalam diskusi tersebut. Dr. Sutejo, M.Hum pengurus sekaligus pemateri menyambut positif. Pasalnya diskusi kecil semacam itu akan berdampak besar dan masif dibandingkan melakukan gerakan besar yang gertakannya sebentar.

Sutejo lantas mengawali diskusi dengan bercerita pengalaman menulis. “Kemahiran menulis itu hukum kali latihan,” ujarnya. Pihaknya juga menyinggung soal mental seorang penulis. Bermental baja dan terus menjadi pembelajar, terlebih saat tulisan ditolak berkali-kali oleh redaktur.

Lelaki yang sekarang menjabat ketua STKIP PGRI Ponorogo itu lantas berbagi trik menulis opini. “Opini itu sifatnya aktualitas, analitik, kebaruan, argumentatif, bahasa mudah diikuti, dan padat,” ujarnya. Pihaknya juga berbagai pola-pola dalam mengawali, mengembangkan, dan mengakhiri menulis opini. Pola itu yang sering digunakan dalam menulis hingga berpuluh tulisan di muat berbagai media cetak lokal maupun nasional. Pola pengawalan opini misalnya dengan menggunakan teknik, (i) bertanya, (ii) ilustrasi, (iii) contoh, (iv) perbandingan, (v) pertentangan, (vi) analitik kritik, (vii) kronologis, serta (viii) pendapat dan argument.

Diskusi yang berlangsung di rumah Gus Harir Muzakki itu berjalan sangat interaktif. Dr. Aksin Wijaya penulis buku Mizzan yang hadir beberapa kali mengajukan pertanyaan. Juga disambut peserta diskusi lain baik dari pengurus maupun mahasiswa yang hadir.
Kegiatan diskusi literasi itu diakhiri dengan kesepakatan untuk melanjutkan topik menulis opini dan warta (berita) minggu berikutnya. Hari yang sama yaitu setiap malam sabtu (Nyabtu).

Avatar

admin

Pengelola Website Nyabtu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: